Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kelebihan Hebel Untuk Tembok Rumah

Hebel atau bata ringan untuk membuat tembok rumah menjadi material yang paling banyak dipilih dan digunakan sekarang ini. Walau harga hebel tergolong lebih mahal sedikit daripada bata merah.


Namun dari sisi keamanan struktur bangunan terutama di lantai 2 dan seterusnya, hebel lebih baik. Karena bobot hebel yang ringan bisa mengurangi beban struktur bangunan.


Selain itu, apabila kita menggunakan hebel untuk tembok rumah. Lalu dalam pengerjaannya memakai jasa tukang borongan ( Mandor ), maka dari sisi upah tukang, ongkos pasang hebel jauh lebih murah ketimbang ongkos pasang bata merah.


Karena cara pasang hebel lebih mudah dan cepat ketimbang bata merah. Sebab ukuran 1 buah hebel lebih panjang dan lebih lebar daripada ukuran bata merah.



10 kelebihan hebel untuk tembok rumah dari sisi upah tukang


10 Kelebihan hebel untuk tembok rumah :


1. Hebel memiliki bobot lebih ringan

Hebel atau bata ringan adalah material bahan bangunan yang ringan dan dapat digunakan sebagai tembok rumah atau suatu bangunan.


Karena memiliki struktur yang homogen dan bobotnya yang ringan, hebel dapat mengurangi gaya-gaya yang ditimbulkan oleh gempa dan mengurangi beban yang harus dipikul oleh struktur.


Di samping itu hebel adalah produk yang solid, lebih homogen dan lebih mudah dalam pemasangan.


2. Hebel memiliki daya serap air rendah

Meski komposisi hebel sebagian besar terdiri atas pori-pori, hal ini tidak menjadikan hebel memiliki daya serap air yang tinggi. Karena proses steam curing yang dilakukan dalam produksinya mengakibatkan struktur pori jadi mengkristal.


Hasilnya adalah antara pori satu dengan pori yang lain memiliki kekedapan cukup tinggi. Maka penyerapan air hanya terjadi di lapisan terluar. Kemudian lapisan tersebut akan menjadi pelindung terhadap penyerapan air berikutnya.


3. Hebel tahan terhadap kebakaran

Hebel adalah material yang tidak mudah terbakar, karena memiliki konduktivitas panas yang rendah.


Material yang memiliki ketahanan yang baik terhadap kebakaran. Bisa digunakan untuk melindungi material lain. Dalam hal ini, hebel sangat bisa diandalkan.


karena ketahanannya terhadap kebakaran, hebel sangat baik dijadikan tembok untuk penyekat ruang penyimpanan data dan arsip.


4. Hebel tidak mudah menyusut

Masalah retak pada dinding merupakan masalah klasik yang sering kita jumpai. Ada 2 faktor penyebab dinding retak:


Faktor eksternal.

Retak pada dinding rumah atau bangunan bisa terjadi karena faktor eksternal, yaitu dari pergerakan di luar material dinding. Pergerakan pondasi dan struktur bangunan seperti cakar ayam, kolom, dan balok.

 

Faktor internal.

Dinding retak juga bisa disebabkan karena faktor internal. Yaitu dari pergerakan, penyusutan, dan pemuaian material dinding, plesteran atau perekat dinding. Hebel memiliki penyusutan yang lebih kecil sehingga mengurangi keretakan dinding akibat faktor internal.


5. Hebel memiliki daya tahan tinggi terhadap tekanan

Hebel atau bata ringan memiliki kuat Tekan (N/mm²) ≥ 4.00 untuk berat Jenis Kering 550±50 kg/m³. Bila ditelaah dari sisi beratnya, maka hebel relatif memiliki kekuatan yang sangat tinggi.


6. Hebel adalah insulator suara yang baik

Bahan material bangunan ini merupakan insulator suara yang lebih baik dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain. Banyak penelitian yang menunjukkan hasil bahwa hebel memberikan insulasi suara yang baik.


7. Hebel memiliki ukuran yang akurat dan presisi

Bahan baku standard internasional dan mutu proses produksi menjamin hebel memiliki ukuran yang akurat dan presisi dengan toleransi ukuran panjang ± 2 mm, tinggi ± 2 mm, lebar ± 2 mm.


Akurasi ukuran akan mempermudah pemasangan hebel untuk tembok rumah sehingga hasil akhir di pekerjaan finishing menjadi rapi.


Akurasi ukuran yang tinggi ini juga memungkinkan penggunaan perekat yang tipis yaitu cukup setebal 2 – 3 mm dan memungkinkan finishing hebel dengan cara langsung diaci tanpa plesteran.


8. Hebel sangat ramah lingkungan

Hebel merupakan produk yang sangat ramah lingkungan, tidak mengandung racun dan tidak berbahaya. Material yang digunakan untuk membuat hebel tidak bisa dijadikan tempat tinggal kutu,serangga dan hewan sejenis lainnya.


9. Hebel tahan lama

Hebel tahan terhadap perubahan cuaca panas dan hujan, kuat tahan lama dan stabil.


10. Hebel memiliki daya tahan tinggi terhadap gempa bumi

Perencanaan gaya lateral bekerja di suatu bangunan karena gempa sebagian besar ditentukan oleh massa ( berat ) dan percepatan gerak tanah akibat gempa.


Secara sederhana gaya lateral gempa bekerja pada suatu bangunan berdasarkan rumusan terkenal Newton.


Faktor lain yang juga mempengaruhi gaya gempa adalah jenis tanah di bawah pondasi bangunan dan tingkat kelenturan struktur bangunan.


Hebel dapat mengurai massa struktur sehingga secara otomatis bisa memperkecil pengaruh gaya gempa terhadap bangunan.


Demikian tadi ulasan mengenai 10 kelebihan hebel untuk tembok rumah

Apabila anda ingin membangun rumah atau renovasi, Silahkan menghubungi kami untuk bertanya dan berkonsultasi dulu.


Terima Kasih, semoga bermanfaat.