Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang HPL Untuk melapisi Furniture

Jasa pasang HPL untuk melapisi furniture


Hpl adalah lapisan atau finishing akhir pada permukaan furniture. Dulu,sebelum ada HPL, finishing akhir dalam pembuatan furniture custom hanya ada 2 pilihan,yaitu menggunakan finishing cat melamik atau duco.

Seiring berkembangnya teknologi,lahirlah HPL sebagai alternatif untuk finishing furniture selain menggunakan finishing cat duco atau cat melamik

Berikut ini kami jabarkan, proses pemasangan HPL atau cara memasang HPL untuk melapisi furniture,berdasarkan pengalaman kami.


Cara memasang HPL
  • Siapkan media yang akan difinishing pakai HPL, untuk pengaplikasianya pada bidang kayu plywood, MDF, blocboard, particel board. Bersihkan media tesebut, dengan cara di ampelas sampai rata, lalu bersihkan debu dan kotorannya.

  • Siapkan HPL, lalu potong sesuai dengan ukuran, dilebihin sekitar 0.5 cm atau 1cm, jangan terlalu dipas media tersebut. Pemotongan bisa dilakukan dengan pisau kater, atau pisau khusus yang di jual di matrial.

  • Sediakan Lem kuning atau lem fox, lalu oleskan ke masing-masing media, baik hpl dan juga media yang akan kita tempel, diamkan sekitar 3 - 5 menit, kalau sudah berasa kering tempelkan hpl tersebut, mulai dari ujung sudut atas sampai bawah, di urutkan ke arah akhir sampai rata, di usahakan harus tidak ada yang gelembung di dalamnya.

  • Potong ujung HPL sampai rata dan halus, dengan mengunakan benda tumpul seperti kikir, pengaris siku, atau juga kalau ada, pake sirkel mesin runci. Itulah alat potong yang biasa kami gunakan.

  • Untuk merapihkan sudut-sudut pertemuan HPL, oleskan tipis saja cat melamik sesuai warna HPL tersebut.

  • Sisa lem yang nempel pada HPL bisa di bersihkan dengan bensin.

Itu tadi penjelasan singkat cara memasang HPL untuk melapisi Furniture.

Secara keseluruhan dalam pembuatan furniture,menggunakan berbagai macam bahan material yang dibagi menjadi dua bagian yaitu :
  • Material Struktur Furniture
  • Material Lapisan Furniture
Dari kedua bagian tersebut terdapat banyak macam pilihan materialnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini, Mengenal material yang digunakan untuk membuat furniture.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Pesan Tukang.


wa