Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuat Bata Merah Atau Bata Ringan

foto bata merah dan bata ringan

Kuat bata merah atau bata ringan - Bata merah atau bata ringan adalah material yang sama-sama bisa digunakan untuk membuat dinding atau tembok sebuah bangunan. Bedanya hanya terletak pada ukurannya saja. Untuk kekuatannya, kuat bata merah atau bata ringan? Nanti bisa anda simpulkan sendiri setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Berikut ini perbandingan ukuran bata merah dan bata ringan.

Bata merah
Ukuran 1 buah bata merah umumnya adalah:
Panjang= 19-24 cm
Lebar= 9-12 cm
Tebal= 5-6 cm

Bata ringan
Sedangkan untuk 1 buah bata ringan, umumnya memiliki ukuran sebagai berikut:
Panjang= 60 cm
Lebar= 20 cm
Adapun untuk ketebalan bata ringan terdapat dua ukuran yaitu tebal 7,5 cm dan tebal 10 cm.

Setelah mengetahui perbedaan ukuran bata merah dan bata ringan,langkah selanjutnya adalah mengetahui perbedaan kekuatan bata merah dan bata ringan.

Berbicara kekuatan tentunya tidak terlepas dari bahan yang digunakan untuk membuat kedua jenis material tersebut.

Berikuit ini bahan yang digunakan untuk membuat bata merah dan bata ringan

Bata merah
Bata merah dibuat dari tanah liat yang dicetak, kemudian dibakar. Tidak semua tanah liat bisa digunakan. Hanya yang terdiri dari kandungan pasir tertentu. Berat rata-rata 3 kg/biji (tergantung merek dan daerah asal pembuatannya).
 
Bata Ringan
Bahan baku bata ringan terbuat dari beton (semen, pasir kuarsa, dan gipsum) yang dicampur dengan pasta alumunium sehingga menghasilkan material bersifat ringan namun solid sehingga tetap tahan terhadap goncangan.Berat bata ringan pada umumnya sekitar 6 kg/biji.


Dari perbandingan beratnya, 1 biji bata ringan lebih berat ketimbang 1 biji bata merah. ini wajar dikarenakan 1 biji bata ringan memiliki ukuran yang lebih panjang,lebar dan tebal ketimbang bata merah.Bata ringan dikatakan lebih ringan ketika bata merah dan bata ringan dibandingkan pada luasan yang sama. Maksudnya kalau kita aplikasikan pada luasan meter persegi. 

Dalam pasangan 1 m2 (meter persegi) dinding dibutuhkan kurang lebih 8-9 biji bata ringan.Sedangkan untuk bata merah,dibutuhkan kurang lebih 80 biji/1m2.

Maka dari itu perbandingan beratnya dalam 1 m2 adalah sebagai berikut.
Bata merah: 80 biji X 3 kg per biji= 240 kg.
Bata ringan: 9 biji X 6 kg per biji= 54 kg.

Dari sini secara matematis sudah jelas bahwa dalam 1 m2 pasangan dinding,beban bata ringan tidak seberat bata merah walau ukurannya lebih besar bata ringan.


Sekarang kita cari tahu perbandingan kekuatan kedua material tersebut.
Lebih kuat bata merah atau bata ringan?

Dari pengalaman saya pribadi selama berkecimpung di pekerjaan bangunan,Terutama  pembangunan rumah. Baik bata merah atau bata ringan memiliki kekuatan yang sama setelah dipasang menjadi sebuah dinding bangunan. Karena kekuatan bangunan tidak terletak pada pasangan dinding bata ringan atau bata merah. Kekuatan utama sebuah bangunan adalah terletak pada pekerjaan struktur kontruksi betonnya. Ini yang biasanya jarang disadari.

Kalau saya ibaratkan seperti tubuh manusia,kontruksi beton sebuah bangunan adalah tulang,otot dan dagingnya. Sedangkan dinding bangunan dan yang lainnya adalah berbicara penampilan luarnya. Selain itu kekuatan sebuah dinding juga tergantung dari proses pada saat pemasangannya terutama pada komposisi campuran pasir dan semen untuk pasangan dan plester aci. komposisi yang tepat tentu akan menghasilkan dinding yang kuat.

Melihat kekuatan bangunan tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, namun yang paling utama adalah itu tadi mengenai kontruksi betonnya. Seperti pondasi,beton kolom,beton balok dan beton lantainya. Semakin luas dan semakin tinggi sebuah bangunan maka akan semakin besar juga pondasi,kolom dan baloknya. Nah, dalam hal ini menggunakan bata ringan akan menjadi pilihan yang terbaik untuk pasangan dinding ketimbang menggunakan bata merah. Mengingat berat bata ringan yang lebih ringan daripada bata merah. Hal ini akan mengurangi beban kontruksi sebuah bangunan. Semakin ringan material dinding yang digunakan akan semakin baik buat mengurangi beban pondasi,kolom,balok dan lantai yang menjadi penopang bangunan.

Untuk kekurangan dan kelebihan bata merah atau bata ringan dalam hal teknisnya bisa anda baca di sini. Anda juga bisa membaca cara pasang bata ringan dan harga borongan per m2 pasang bata ringan di akhir artikel tersebut.

Cukup sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.
Salam NUkang.

wa