Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Tembok Lembab dan Cat Mengelupas

cara mengatasi cat dinding yang mengelupas


Memakai merk cat tembok yang berkualitas bukan jaminan tidak akan mengelupas, menjamur, lembab ataupun dinding rembes.

Kondisi cat tembok rumah yang mengelupas atau lebih ngetrend dikenal flaking, itu adalah hal yang wajar, tapi sering kali membuat kita risih untuk melihatnya, terlebih itu adalah warna cat kamar tidur kita sendiri terkelupas dan pudar.

Dan karena kurang tahu nya kita tentang cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas sering kali kita mengangap cat paling bagus untuk tembok kamar yang kita beli adalah penyebabnya.

Sebelum kita mulai memperbaiki warna tembok yang mengelupas, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu penyebab sebenarnya.

Setelah itu tinggal mencari solusi yang paling bagus, seperti mengelupas cat tembok lama sebelum melakukan pengecatan. Kemudian memilih warna, karena perbedaan warna cat untuk rumah Kecil dan ukuran besar bisa mempengaruhi keindahan tampilan eksterior juga.

Cat dinding yang mengelupas bisa terjadi dengan beberapa alasan, mungkin tembok yang lembab, rembes, atau kondisi cat tembok rumah yang sudah lama dan perlu pengecatan ulang.

Cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas

Bila tembok lembab disebabkan karena ada rembesan air yang membasahi dinding, hal pertama adalah Anda harus mengatasi asal rembesan tersebut.

Penyebab air rembes biasanya dari talang, konstruksi dan pengerjaan dinding yang kurang baik, tingginya kandungan air di dalam tanah atau dinding tetangga.

Salah satu contoh keadaan dinding yang memang kurang baik, hingga membuat sulit mengatasi cat rumah yang mengelupas, menjamur, rembes dan lembab adalah dari campuran semen dan pasir yang tidak sesuai.

Cara mengecat dinding tanpa memperhatikan proses pengeringan tembok juga bisa menjadi penyebab mengelupas atau lembab yang memungkinkan cat kamar tersebut se-akan hilang karena terserap dinding.

Kondisi tembok kamar yang belum cukup umur masih mengandung garam alkali yang tinggi, sehingga sangat tidak di sarankan untuk melakukan pengecatan terlebh dahulu.

Mempraktekan cara mengecat tembok yang benar plus mengunakan merk cat eksterior maupun cat interior berkualitas, sering kali menjadi sia-sia bila tanpa memperhatikan penyebab dan kondisi tembok itu sendiri.

Tentu ini juga menyulitkan karena harus malakukan renovasi ulang cat rumah berulang-ulang.


Cara menghindari dan mengatasi cat tembok mengelupas




Warna cat tembok yang mengelupas tapi kondisi tembok masih bagus, besar kemungkinan adalah disebabkan proses pengecatan yang kurang tepat:

  • Pastikan yang masih tembok baru harus sudah benar-benar kering sebelum dicat. Ini juga akan menghemat anggaran cat untuk kamar Anda.
  • Gunakan dempul tembok yang bagus / juga plamir tembok, agar tidak mudah retak. Ini akan menghindari dempul / plamir dinding tersebut terangkat dan menjadi penyebab cat kamar mengelupas.
  • Hindari menggunakan alkali primer atau cat dasar, karena pengunaan alkali primer sering kali tak sesuai dengan finishing cat rumah.
  • Sebelum melakukan pengecatan, pastikan sudah membersihkan permukaan dari debu, kotoron dan minyak agar daya rekat warna cat tetap terjaga.
  • Penyebab cat mudah mengelupas sering kali karena saat proses mengecat ulang, yakni tidak mengelupas cat tembok lama. Lapisan cat lama yang tidak di bersihkan terlebih dahulu akan mengurangi daya lekat dan juga tampilan menjadi kurang menarik, tidak terlihat fress.Terlebih bila cat dinding yang lama sudah mengapur, rasanya hanya akan sia-sia saja Anda merenovasi cat dinding rumah Anda, karena bisa di bilang hanya sekedar menganti warna dalam hitungan hari, dan warna cat tembok pun bisa di pastikan akan kusam.

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, selanjutnya Anda bisa melakukan solusi yang tepat sesuai keadaan tembok:

  • Memperbaiki sumber penyebab cat tembok yang mengelupas.
  • Membersihkan lapisan cat tembok lama dengan cara di kerok hingga terlihat permukaan, selanjutnya bersihkan sebelum melapisi dengan cat dasar atau alkali primer. Dan tunggu sampai cat dasar mengering dengan sempurna.
  • Gunakan merk cat tembok berkualitas dan pilih warna tembok yang paling bagus. Merk cat tembok yang bagus akan memiliki daya rekat dan elastisitasnya terbaik, dengan begitu daya tahan cat bisa lebih lama. Plih juga jenis cat tembok yang mengandung acrylic terutama untuk cat eksterior rumah.
  • Harga cat tembok berkualitas rendah memang menggiurkan, tetapi perlu Anda ketahui perbedaan jika menggunaan cat tembok rumah berkualitas bagus. Selain memiliki daya rekat yang lebih baik, juga akan lebih hemat dalam penggunaan cat, karena daya sebarnya akan lebih luas dan terpenting adalah warna cat yang tidak mudah pudar.

Cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas yang kami paparkan ini mudah-mudahan bisa memberi manfaat.