Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renovasi Ruang Dapur Minimalis di Apartemen Casablanca Mansion

Renovasi  Dapur Minimalis di Apartemen Casablanca Mansion

Awalnya ada pemilik unit apartemen menghubungi saya, Sesaat setelah beliau selesai mengunjungi website saya ini ( Pesan Tukang ) untuk mencari tukang renovasi ruang dapur. Melalui komunikasi telpon tersebut, Beliau ingin memasang keramik dinding dapur. Lalu saya tanya lebih komplitnya.

Kemudian beliau memberi gambaran kepada saya bahwa ruang dapur yang lama ingin dibongkar.


Renovasi ruang dapur minimalis di apartemen casablanca mansion
Ruang Dapur Minimalis 


Di ruang dapur yang lama ( eksisting ) pekerjaannya adalah :

  • Membongkar kitchen set 
  • Membongkar keramik dinding dapur
  • Perapihan dinding bekas bongkaran keramik ( Plester dan aci )
  • Bongkar wallpaper 
  • Pengecatan dinding. 

Lalu membuat ruang dapur minimalis yang baru dengan memanfaatkan area servis.

Di area servis pekerjaannya adalah : 

  • Membongkar sebagian keramik dinding dan keramik lantai kamar mandi
  • Bobok dinding dan lantai kamar mandi
  • Tanam pipa air bersih dan pipa air kotor untuk zink dapur
  • Pasang keramik dinding dan keramik lanatai kamar mandi
  • Bongkar kusen dan pintu kamar mandi
  • Perapihan dinding bekas bongkaran kusen dan pintu
  • Pemasangan keramik dinding dapur yang baru
  • Pengecatan dinding dan plafon

Jadi, area servis yang lama juga direnovasi untuk dijadikan ruang dapur minimalis yang baru. Sedangkan ruang dapur yang lama dibuat ruang makan. Sehingga ruang makan keluarga menjadi luas dan lega.

Dari pembicaraan tersebut, kemudian saya membuat janji untuk besoknya datang ke lokasi melakukan survei, pengukuran dan pembahasan lebih lanjut agar apa yang saya tangkap dari penjelasan via telpon sebelumnya menjadi jelas dan terang sesuai dengan keinginan pemilik unit apartemen.

Setelah dari survei, Saya kemudian membuat rincian penawaran harga renovasi ruang dapur minimalis sesuai item-item pekerjaan yang akan saya kerjakan. Harga saya rinci satu-persatu dengan jelas sesuai volume di lapangan dan harga satuan pekerjaan standar tukang.

Setelah selesai, Saya kirim rincian penawaran harga tersebut ke pemilik unit via whatsapp.

Sesaat setelah mempelajari penawaran harga saya, pemilik unit apartemen menghubungi saya kembali. Beliau setuju dengan rincian penawaran harga yang saya ajukan sesuai item-item pekerjaan di lapangan. Pemilik unit meminta saya untuk memulai pekerjaan renovasi ruang dapur minimalis di hari lusanya.

Mengenai ijin kerja dan sebagainya yang ada hubungannya dengan manajemen apartemen casablanca mansion akan diurus oleh pemilik unit apartemen. Oleh pemilik unit apartemen, saya dan team tukang yang akan bekerja hanya diminta menyerahkan foto copy KTP. Sebagai pelengkap dalam mengurus ijin kerja.


Pekerjaan Membongkar Kitchen Set di Ruang Dapur Minimalis Eksisting.



Bongkar kitchenset ruang dapur minimalis di apartemen casablanca mansion
Tukang Sedang Membongkar Kitchen Set


Hari pertama saya mulai dengan pekerjaan di ruang dapur eksisting, yaitu mengerjakan item-item pekerjaan bongkaran dan perapihan ruang dapur minimalis seperti yang sudah saya uraikan di atas. 

Sebelum kerja saya proteksi dulu area kerja yaitu mengamankan barang-barang yang ada di lokasi supaya tidak rusak atau cacat terkena puing bongkaran keramik dinding dapur saat saya bekerja.

Dan menutup barang-barang tersebut menggunakan plastik cor, supaya tidak kotor terkena debu dari aktivitas pekerjaan renovasi ruang dapur minimalis.

Setelah itu saya mulai pekerjaannya. Pertama saya bongkar dulu kitchen set. Setelah selesai bongkar kitchenset saya lanjutkan membongkar kermik dinding dapur dan membongkar wallpaper dinding ruang dapur minimalis.

Sampah bongkaran wallpaper dinding dan puing bongkaran keramik dinding saya masukkan karung, Supaya memudahkan pekerjaan mobilisasi pembuangan sampah dan puing ke luar area gedung apartemen casablanca mansion.


Ruang Dapur Minimalis Eksisting Setelah Selesai direnovasi.


ruang dapur minimalis setelah selesai direnovasi
Ruang Dapur Minimalis Selesai Direnovasi

Setelah pekerjaan bongkaran selesai semua. Di hari ke dua saya lanjutkan dengan pekerjaan perapihan. Yaitu :

  • Acian dinding bekas bongkaran keramik dapur
  • Pengecatan dinding warna putih
  • Kebersihan area ruang dapur eksisting
Acian dinding, Saya menggunakan semen acian 110 Aplus. Sedangkan untuk cat dinding warna putih menggunakan cat interior cendana produk dari mowilex. Hasilnya seperti tampak pada foto di atas. 

Pada foto di atas terlihat masih ada kran air dapur yang menempel pada dinding, itu karena saya biarkan dulu. Sebab untuk melepasnya saya harus ijin dan kordinasi dahulu dengan pihak pengelola dan enjinering gedung apartemen casablanca mansiaon.

Renovasi ruang dapur minimalis selanjutnya adalah masuk ke area servis. 

Tepat di hari ke tiga saya mulai pekerjaan di area servis. Item-item pekerjaannya sesuai dengan yang sudah saya uraikan di awal artikel ini.

Pada saat mau menyambung pipa air bersih untuk suplai air ruang dapur minimalis yang baru. Di sini saya baru ijin ke pengelola apartemen casablanca mansion. 

Supaya suplai air dari gedung ke unit apartemen di off sementara, sehingga saya bisa menyambung pipa air sekaligus melepas kran yang masih menempel pada dinding ruang dapur minimalis yang lama.

Itulah alasan saya, kenapa kran air dapur yang lama tidak saya lepas dulu. Supaya ijinnya sekali saja, tidak dua kali kerja. Setelah saya selesai melepas kran menggantinya dengan dop pipa 1/2 inch dan menyambung pipa air di ruang dapur minimalis yang baru. Suplai air dari gedung ke unit apartemen di on lagi.

Artikel Penutup.

Demikian tadi penjelasan mengenai renovasi ruang dapur minimalis di apartemen casablanca mansion.

Apabila Anda ada rencana ingin renovasi ruang dapur, Atau ingin membuat kitchen set custom. Silahkan menghubungi kami untuk mendapatkan rincian harganya. Tentu setelah kami melakukan survei ke lokasi yang mau direnovasi.

Kami menggunakan berbagai alternatif bahan material dan finishing untuk membuat kitchenset yang menyesuaikan selera dan budget anda.

Terima kasih sudah membaca artikel renovasi dapur minimalis. Semoga bermanfaat.