Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Borongan Bangunan Rumah Per meter Jasanya Saja

Harga borongan tenaga per meter bangun rumah


Sebelum anda membangun rumah sebaiknya cari info terlebih dahulu berapa Rincian harga borongan bangunan rumah jasanya saja yang standar menurut harga di pasaran saat ini. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui rekan-rekan,atau mencarinya di website.

Ada banyak website yang mengulas mengenai upah borongan jasa membangun rumah. Dan website yang khusus menyediakan Jasa bangun rumah


Harga borongan bangunan rumah per meter jasanya saja


Setelah anda mendapat info harga di pasaran langkah berikutnya pilih pemborong atau mandor yang tepat dalam arti si pemborong atau mandor bertanggung jawab baik dari sisi administrasi dan kualitas pekerjaannya.

Jangan sampai anda menemukan pemborong atau mandor yang asal-asalan. Hal ini bisa mengakibatkan kerugian bagi rencana anda untuk mewujudkan rumah tinggal impian anda dan keluarga.


Gambaran harga borongan tenaga per meter bangun rumah :


Di bawah ini kami memberi gambaran kasar supaya anda mengetahui berapa budget untuk jasa borongan membangun rumah. Metode ini adalah cara tercepat supaya anda mengetahui dan bisa menyesuikan budget yang ada.

Cara menghitung harga borongan bangunan rumah per meter jasanya saja yaitu dengan melihat harga standar upah tukang bangunan per meter persegi dan menghitung berapa luas rumah yang akan dibangun. selanjutnya tinggal mengalikan luas bangunan dengan harga per meter persegi sehingga diketahui berapa total biaya yang dibutuhkan.

Di sini kita akan mencoba memberikan contoh sederhana dalam menghitung total biaya borongan yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah bangunan dari awal sampai akhir. terlebih dahulu perlu kita ketahui apa saja yang menyebabkan perbedaan standar harga upah, o.k langsung saja kita mulai.

Harga borongan tenaga per meter bangun rumah dipengaruhi hal-hal berikut ini :

  • Lokasi pembangunan, membangun rumah di pusat kota besar akan lebih mahal jika dibanding dipinggiran kota.
  • Waktu pelaksanaan juga mempengaruhi standar biaya upah.
  • Tingkat kesulitan pembangunan rumah. Desain rumah yang rumit akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk membangunya.
  • Tingkat keahlian tukang bangunan, tukang yang ahli akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, ini berpengaruh terhadap besarnya upah, apalagi jika menggunakan sistem gaji harian.

Harga Borongan tenaga per meter bangun rumah berdasarkan rumus berikut ini :

  • HBU =  H X LB
  • Harga borongan upah  =  Harga upah per m2 x Luas Bangunan

Contoh menghitung harga borongan tenaga per meter bangun rumah :


Misalnya kita akan membangun rumah satu lantai ukuran bangunan 6 m x 6m, standar harga borongan upah untuk wilayah pembangunan tersebut adalah Rp.800.000,-. berapa total biaya yang dibutuhkan untuk membayar tenaga kerja? mari kita hitung bersama
  • Luas rumah = 6m x 6m = 36 m2.
  • Harga borongan jasanya per m2 = Rp.800.000,-
  • Harga borongan bangunan rumah jasanya saja menjadi 36m2 x Rp.800.000,- = Rp.28.800.000,-
Ini merupakan langkah cepat untuk menentukan harga, ada cara lain yang lebih teliti namun membutuhkan waktu lama yaitu sistem analisa harga satuan bangunan, di mana kita menghitung biaya satu persatu item pekerjaan lalu menjumlahkan total biayanya. 

Bagaimana? 
Apakah sekarang Anda sudah dapat gambaran mengenai harga borongan tenaga per meter bangun rumah.

Jika hendak menambahkan informasi tentang ini, mengoreksi, mengkritik,bertanya maupun mau membangun rumah atau renovasi bangunan, silahkan hubungi kami. 

Klik tombol Whatsapp di bagian bawah pojok kiri.