Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lem Untuk Pasang Hebel dan Daya Sebarnya

 

mortar indokon,lem untuk pasang hebel

Cara pasang hebel atau bata ringan tentu berbeda dengan bata merah. Apabila memasang bata merah diperlukan campuran semen dan pasir, maka hebel hanya membutuhkan lem atau perekat yang sering disebut sebagai semen instan atau semen mortar.

Ada banyak lem untuk pasang hebel yang beredar di pasaran. Berbagai macam merk mortar tersedia dengan harga yang berbeda-beda. Merk mortar apapun yang nantinya akan dibeli, yang terpenting adalah kita harus tahu berapa banyak atau berapa sak mortar yang dibutuhkan untuk memasang hebel atau bata ringan.

Kemasan mortar untuk pasang hebel rata-rata adalah 40 kg per satu saknya. Lalu, mortar satu sak kemasan 40 kg ini bisa dapat berapa m2 untuk pasang hebel.?

Kali ini saya ambil contoh mortar indokon, lem untuk pasang hebel. 

Menurut informasi pada kemasannya, 1 sak mortar indokon kemasan 40 kg memiliki daya sebar kurang lebih 16 m2 pada pasangan hebel tebal 7,5 cm. Dengan ketebalan penggunaan lem 10 mm.

Artinya, hebel tebal 7,5 cm apabila dipasang menggunakan 1 sak lem mortar indokon akan menghasilkan 16 m2 pasangan dinding.

Sedangkan untuk hebel tebal 10 cm akan menghasilkan kurang lebih 10,5 m2. dengan ketebalan penggunaan lem 10 mm.

Namun praktek di lapangannya kita bisa lebih menghemat lagi dengan cara ketebalan penggunaan lem dikurangi. Artinya ketebalan 5 mm adalah standar umumnya.

Dari pengalaman kami, terlalu tebal penggunaan lem untuk pasangan hebel malah tidak bagus. Semakin tebal lemnya semakin lama keringnya. Hal ini akan mengurangi kekuatan  daya rekat antar hebel dan memperlambat pendapatan volume pekerjaan pasangan hebel.

Berikut ini spesifikasi lengkap penggunaan mortar indokon  untuk pasang hebel dan daya sebarnya.


Spesifikasi

Kemasan:40 Kg
Kebutuhan Air:9 - 9.5 liter
Daya Sebar:Bata Merah : ±12.5M2/ sak 40 Kg. Ketebalan 10 mm.
AAC 7.5 Cm : ±16M2/ sak 40 Kg. Ketebalan 10 mm.
AAC 10 Cm : ±10.5M2/ sak 40 Kg. Ketebalan 10 mm.
Deskripsi:Merupakan mortar perekat bata ringan atau sering orang menyebutnya lem hebel karena saking tipis dan hemat pemakaiannya.
Membuat dinding dapat terpasang dengan cepat dan rapi
Aplikasi:1. Tuangkan air 9 - 9.5 liter
2. Lalu masukan Indokon Thin Bed
3. Aduk sampai rata dengan mixer
4. Siap untuk di pakai

Dari keterangan tersebut lem mortar indokon ini bisa juga digunakan untuk memasang bata merah.

Apabila anda membutuhkan mortar untuk pasang hebel, anda bisa mengunjungi langsung websitenya. 

Demikian tadi penjelasan mengenai lem untuk pasang hebel dan daya sebarnya. Baca juga harga borongan pasang hebel per m2 sebelum anda memilih penyedia jasa bangunan atau tukang bangunan.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam NUkang.

wa