Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Keramik Mozaik Menggunakan Lem Kuning

Perekat keramik di atas triplek

Tim pesan tukang kali ini mau memasang keramik mozaik dinding menggunakan lem kuning. 
Keramik dinding mozaik ini nantinya akan dipasang di belakang kasir sebagai backdrop area kasir.Hasilnya nanti tampak seperti pada foto di akhir artikel.

Oh ya, ini adalah bagian pekerjaan dari proyek Miniso yang kami kerjakan.Tepatnya Miniso di area Mall Bassura City lantai LG.Di sini tim pesan tukang sebagai Vendor atau subkon dari kontraktor utamanya. 

Ok,sekarang kita langsung saja ke tujuannya yaitu : 
Cara memasang keramik mozaik menggunakan lem kuning

Mas,kenapa memilih menggunakan lem kuning?
Kami memilih menggunakan lem kuning supaya lebih mudah,cepat dan rapi.Karena keramik mozaik bentuknya berbeda dengan keramik lembaran.

Satu lembar keramik mozaik terdiri dari beberapa potongan kecil-kecil keramik yang disatukan dengan benang di bagian belakangnya.Sehingga satu lembar keramik mozaik ini tidak kaku seperti 1 lembar keramik utuh. 

Mas, bukankah lem kuning itu adalah perekat yang digunakan untuk menempel lapisan HPL pembuatan furniture.?

Betul,lem kuning pada umumnya memang digunakan dalam pekerjaan pembuatan furniture yang berbahan dasar Triplek dan HPL. 

Lalu apakah lem kuning bisa di aplikasikan dalam memasang keramik mozaik? 
Sangat bisa tergantung dari cara kita mengerjakannya.

Dan inilah cara pemasangan keramik mozaik menggunakan lem kuning.

persiapkan dulu bahan-bahannya:
Yaitu mozaik, triplek,lem kuning,pisau kater,alat untuk meratakan lem kuning dan nat keramik.


Langkah pertama:
Gelar satu lembar triplek di atas lantai, ketebalan triplek yang digunakan minimal 3mm tergantung kebutuhan dan selera.Kemudian ambil satu mozaik,taruh di atas triplek tersebut dibagian sudut triplek.setelah itu hitung ada berapa banyak nantinya mozaik yang bakal di pasang dalam satu lembar triplek. 

Langkah kedua: 
Setelah mengetahui jumlah lembaran mozaik yang akan dipasang pada triplek, lalu ambil lem kuning. Tuangkan lem kuning pada triplek dan ratakan menggunakan kapek. Tuangkan juga lem kuning pada bagian belakang setiap mozaik. Lalu ratakan menggunakan kapek,sekrap atau potongan triplek.Tunggu beberapa menit supaya lem kuning pada triplek dan mozaik agak kering.

Langkah ketiga:
Setelah lem di triplek dan keramik mozaik kering,mulailah tempelkan satu persatu mozaik tersebut di atas lembaran triplek tadi.Lem kuning mengering biasanya membutuhkan waktu -+ 10 menit.Pada tahap ini di perlukan ketelitian dan kesabaran. Menempelnya harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Atur pertemuan nat antar mozaik supaya jaraknya sama dan terlihat rapi.

Terkadang satu lembar mozaik ada jarak natnya yang tidak sama. Jika menemukan yang demikian potong benang pengait mozaik menggunakan pisau kater, lalu atur jaraknya sesuai kebutuhan.

Langkah keempat:
Setelah mozaik menempel dan tersusun rapi pada lembaran triplek.Angkat triplek tersebut kemudian pasang pada dinding yang mau dipasangin keramik mozaik dengan cara di sekrup atau dipaku beton. Posisi menyekrup atau memakunya berada pada celah nat antar mozaik. Untuk jumlah sekrup atau paku sesuaikan dengan kebutuhan.

Langkah kelima:
isi celah antar nat menggunakan semen nat keramik sesuai warna keramik mozaik atau sesuai selera anda.Bersihkan sisa sisa nat yang menempel (belepotan) pada bagian keramik mozaik.Sampai keramik mozaik tersebut terlihat bagus dan rapi.


Foto pasangan keramik mozaik:


perekat keramik di atas triplek

mengatur nat keramik di atas triplek

Keramik dilem pada triplek



Bacdrop kasir menggunakan keramik

Keramik mozaik untuk bacdraop kasir

Itulah sedikit ulasan mengenai cara memasang keramik mozaik menggunakan lem kuning . Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan sukses selalu buat kita semua.

Apabila anda membutuhkan jasa kami silahkan hubungi kami.