Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hindari 6 Kesalahan Fatal Saat Renovasi Bangunan

6 kesalahan fatal saat renovasi rumah atau bangunan yang harus dihindari


Hindari 6 Kesalahan Fatal Saat Renovasi Bangunan -
Kesalahan dalam renovasi bangunan kerap terjadi dan jarang disadari. Tentu hal tersebut akan membuat kita rugi secara finansial. 

Untuk menghindarinya, berikut ini 6 kesalahan yang harus anda ketahui dan hindari sebelum melakukan renovasi bangunan.

1. Membeli bahan baku murah

Memilih bahan dengan harga yang murah untuk renovasi bangunan atau renovasi rumah memang tidak ada salahnya, tapi apakah Anda siap dengan risiko yang akan terjadi di hari berikutnya?

Padahal dengan menggunakan bahan-bahan yang berkwalitas, hasil yang diperoleh akan memuaskan dan tidak perlu Anda harus memperbaiki kembali dalam waktu dekat.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat menggunakan bahan bangunan bekas renovasi yang tidak terpakai namun masih layak digunakan. Benda-benda seperti pintu, jendela, dan genteng dapat digunakan kembali dengan memberikan sedikit sentuhan dengan memeriksa ulang atau memolesnya dengan pelitur. Tetap membutuhkan uang untuk melakukan renovasi kecil-kecilan terhadap bahan ini, Anda tetap bisa menghemat biaya. Gunakan juga sisa bahan bangunan seperti marmer bekas untuk mempercantik interior rumah. Jadi lebih kreatif, bukan?

2. Tidak melakukan persiapan matang

Ingin cepat-cepat merenovasi bangunan tanpa persiapan matang di awal, juga menjadi salah satu penyebab kesalahan fatal saat renovasi bangunan.

Mulailah dengan memahami konsep yang Anda inginkan, perhitungan biaya, pemilihan bahan yang sesuai, dan hal-hal kecil yang mungkin terjadi. Jangan lupakan pilihan rencana cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Siapkan segala sesuatu yang mungkin.Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu dan uang.

3. Tidak memperhatikan pencahayaan dalam ruangan

Faktor pencahayaan juga kerap kali menjadi hal yang diabaikan. Padahal, faktor ini penting untuk dipertimbangkan dalam pembangunan rumah karena pengaruh pada tingkat kenyamanan dan kesehatan. 

Memilihlah di mana Anda akan memilih dinding dan ke mana jendela akan mengarah. Misalnya, letakkan jendela ke arah matahari terbit dari rumah Anda jadi hangatnya cahaya matahari bisa menerangi ruangan. Melakukan hal ini tidak hanya penting bagi kesehatan, tetapi juga langkah awal untuk menghemat energi

4. Salah dalam menentukan dimensi

Perbedaan ukuran satu atau lebih tinggi beberapa ukuran dapat membuat perubahan yang signifikan. Jika dimensi yang diambil tidak sama dan simetris, hasil yang diinginkan akan sulit didapat dan Anda harus memperbaiki yang baru. 

Jika Anda tidak yakin atau tidak menguasai konsep pada ukuran juga bentuk bangunan yang pas serta enak dipandang. Maka jangan ragu mengundang saudara atau teman yang menguasai bidang tersebut untuk membantu Anda. Atau gunakan saja jasa desain bangunan sesuai kebutuhan Anda.

5. Menggunakan tukang atau kontraktor yang salah

Setelah memilih bahan yang berkualitas, proses pengerjaan menjadi hal yang penting. Proses ini tidak mungkin bisa Anda lakukan sendiri, Anda perlu jasa tukang atau kontraktor untuk mengerjakannya.

Pastikan Anda menggunakan layanan jasa yang tepat. Memiliki rekam jejak yang baik dan mampu berkomunikasi dengan baik. Tidak ada salahnya untuk survei bangunan yang pernah dikerjakan oleh tukang atau kontraktor tersebut, lalu diterbitkan juga masalah harga yang mungkin Anda keluarkan. Cara mencari tukang bangunan yang bagus dan bertanggung jawab.

6. Menggunakan cat yang salah

Dalam menentukan warna dan jenis cat yang digunakan, letak ruangan penting untuk diambil. Kesalahan dalam pemilihan cat dapat membuat rumah terlihat kusam. Lebih penting lagi, penggunaan warna yang tepat dapat mengaktifkan suasana khusus Anda saat berada di dalam ruangan.

Menggunakan warna yang selaras di seluruh bagian rumah akan terlihat cantik. Namun, bermain dengan beberapa warna yang berbeda akan lebih menghidupkan rumah Anda. Tidak harus selalu warna turunan karena akan terlihat membosankan, Anda dapat memilih warna yang berbeda namun tetap senada. 

Jangan lupa, jika Anda mengecek keseluruhan rumah dengan beberapa warna, seimbangkan juga dengan warna netral seperti putih atau abu-abu. Jenis cat juga penting, sehingga Anda tidak perlu memperbaiki dalam waktu dekat hanya karena salah memilih cat yang mudah terkelupas. Cara mengatasi cat dinding yang mengelupas.

Demikian tadi penjelasan mengenai 6 kesalahan fatal saat renovasi bangunan yang harus anda hindari. Apabila Anda sedang mencari jasa renovasi bangunan, silahkan hubungi kami. Pesan Tukang melayani pekerjaan bangun baru atau renovasi bangunan sesuai kebutuhan Anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Salam Nukang

wa