Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membangun Rumah Murah

tips membangun rumah murah

Untuk membangun sebuah rumah tentunya diperlukan dana yang tidak sedikit.Mengingat harga material dan tukang setiap tahun naik.Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membangun rumah supaya ekonomis.Dibawah ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan supaya bisa membangun rumah murah.

Tips membangun rumah murah

Buat gambar rumah sebelum membangun

Dengan membuat gambar kerja rumah siap bangun maka kegiatan bongkar pasang pekerjaan dikemudian hari akibat model atau bentuk rumah yang sudah dibangun belum sesuai dengan keinginan yang tentunya tidak perlu dilakukan ketika segala perubahan bentuk rumah sudah dituangkan dalam bentuk gambar sebelum melaksanakan kegiatan membangun rumah.

Buat hitungan rencana anggaran biaya sebelum membangun

Setelah pekerjaan membuat gambar rumah selesai dikerjakan maka langkah selanjutnya adalah menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan dalam membangun rumah nantinya, dengan berdasarkan hitungan tersebut maka kita dapat melakukan pengurangan atau penambahan pada item pekerjaan atau penggunaan bahan bangunan yang menyebabkan mahalnya biaya membangun rumah.

Survey model rumah tetangga atau suatu komplek perumahan

Dengan melakukan survey beberapa rumah yang sudah jadi maka kegiatan kita dalam menentukan design rumah mana yang lebih mendekati dan sesuai dengan selara atau keinginan model rumah yang akan kita bangun nantinya, kamera dapat digunakan sebagai alat untuk mengabadikan rumah hasil survey kita untuk kemudian dicetak pada kertas sehingga kegiatan membandingkan model rumah dengan foto akan lebih mudah.

Pilih bentuk rumah yang tidak terlalu berlebihan namun indah

Penggunaan bentuk rumah yang terlalu berlebihan dan yang seharusnya dapat dikurangi untuk melakukan penghematan sebagai upaya membangun rumah murah.

Selesaikan terlebih dahulu izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin penggunaan tanah

Izin mendirikan bangunan perlu diurus terlebih dahulu sehingga penyegelan rumah yang dalam masa pembangunan dapat dihindari yang tentunya membutuhkan biaya denda sebagai beban biaya tambahan dalam membangun rumah murah.

Gunakan material dengan harga murah namun dengan kualitas dan ketahanan maksimal

Material bangunan menyumbang cukup besar sebagai penyebab mahalnya biaya membangun rumah, dengan memilij material yang murah namun berkualitas baik tentu akan sangat membantu dalam menghemat biaya pembangunan rumah.

Selesaikan waktu pengerjaan pembangunan rumah secepat mungkin

Waktu sangat penting untuk dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin jika hendak membangun rumah murah, dengan lamanya waktu pelaksanaan tentu membuat biaya membangun rumah mahal.

Gunakan jasa kontraktor yang sudah professional dibidangnya.

Kontraktor atau tukang bangunan yang sudah professional dibidangnya tentu akan memberikan hasil terbaik dalam waktu yang cepat sehingga kegiatan membangun rumah murah dapat terlaksana dengan baik.