Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Plafon Triplek dan Plafon Gypsum

Perbedaan harga pekerjaan plafon triplek dan plafon gypsum


Plafon triplek atau plafon gypsum pilih yang mana.?


Kalau jaman dulu plafon rumah umumnya menggunakan bahan kayu.Rangkanya kaso dan penutupnya triplek.
Seiring berkembangnya jaman,saat ini orang umumnya lebih banyak menggunakan plafon dari bahan yang lebih tahan lama dan murah. Yaitu Plafon Gypsum. Harga Plafon gypsum tentu lebih murah daripada plafon triplek.

Sebelum anda menentukan bahan apa yang mau digunakan untuk plafon rumah,berikut ini kami terangkan perbedaan antara plafon triplek dan plafon gypsum



Perbedaan Plafon Triplek dan Plafon Gypsum

A) Plafon Triplek
Dilihat dari sisi harga bahan kayu,plafon triplek ini tentunya lebih mahal.Untuk rangka dengan menggunakan kayu kaso ukuran 4cmX6cm panjang 4 meter satu batangnya saat ini harganya berkisar antara  Rp 29,000 sampai dengan 38,000.

Sedangkan untuk penutupnya umumnya menggunakan triplek dengan ukuran 122 cm x 244 cm dan tebal 3mm saat ini harganya berkisar antara Rp 39,000 sampai dengan Rp 52,000

Dilihat dari kekuatan dan ketahanan,untuk plafon triplek kekuatannya memang bisa diandalkan dalam arti ketika ada orang naik diatas plafon ia kuat untuk di injak,tetapi kelemahan plafon triplek adalah tidak tahan lama terhadap rayap namun tahan terhadap air jika ada bocor.

Dilihat dari pengerjaaan dan estetika,untuk plafon triplek dalam pengerjaannya agak lebih memakan waktu karena mengingat bahannya yang terbuat dari kayu harus di hakuskan dulu untuk rangkanya.

Untuk estetika secara interior plafon triplek kurang menarik karena ia susah untuk dibentuk fleksibel karena dasar kayu yang memang bahannya kaku.Dalam arti ketika anda ingin membentuk plafon yang misal berbentuk oval atau lengkung bahan triplek kurang rapi dan memakan waktu pengerjaan yang agak lama.


B) Plafon Gypsum
DilIhat dari sisi harga ,plafon gypsum ini lebih murah dari pada triplek.Karena rangka hollow dan penutup gypsumnya banyak pilihan dan merknya.

Untuk rangka hollow dengan ukuran 2cm X 4cm dan 4cm X 4cm panjang 4m saat ini harganya berkisar antara Rp 18,000 sampai dengan Rp 36,000 tergantung ketebalannya.

Yang umum digunakan tebalnya adalah 0,3mm sampai dengan 0,5mm.

Sedangkan untuk penutupnya umumnya menggunakan gypsum ukuran 120cm X 240cm dengan ketebalan 9mm.Dan harganya saat ini berkisar antara RP 49,000 sampai dengan Rp 68,000.

Dilihat dari kekuatan dan ketahanan,plafon gypsum tidak kuat diinjak ketika ada orang naik diatasnya,kecuali anda menggunakan bahan rangka hollow yang tebal 0,5mm.

Namun untuk ketahanan rangka dijamin tahan lama karean ia anti rayap tetapi untuk penutup gypsumnya ia tidak tahan terhadap air jika ada bocor,mengingat bahan gypsum yang terbuat dari seperti kapur.

Dilihat dari pengerjaan dan estetika,plafon gypsum sangat bagus dan menarik,karena ia mudah dalam pengerjaannya dan sedikit lebih cepat dari pada plafon triplek.

Plafon gypsum bisa dibentuk model apa saja sesuai gambar keinginan kita,karena sifat gypsum yang elastis dan bisa didempul menggunakan dempul gypsum yang biasa orang menyebutnya dengan nama compon gypsum.


Demikian ulasan singkat kami mengenai perbedaan plafon triplek dan plafon gypsum.Semoga bisa membantu anda sebelum menentukan pilihan.

Jika anda sedang mencari Tukang untuk mengerjakan plafon triplek atau plafon gypsum,Kami Pesan Tukang sudah terbiasa mengerjakannya.Dengan sistem borong bahan dan jasa atau jasanya saja.
Segera hubungi kami jika anda memerlukannya.

Terima kasih