Upah Pekerja Harian Proyek Wilayah Jabodetabek

June 25, 2018
upah pekerja harian proyek wilayah jabodetabek

Jika ada yang ingin membangun,merenovasi,atau butuh jasa tukang anda bisa menghubungi kami di 081514798043.

Mencari tenaga kerja untuk pekerjaan proyek saat ini memanglah gampang - gampang susah.
Pada saat job proyek lagi sepi,terkadang tukang banyak yang nganggur.Banyak tukang yang telpon minta pekerjaan.Begitu sebaliknya pada saat job proyek lagi banyak,Nyari tukang susahnya minta ampun.Seperti jomblo lagi berjuang untuk mendapatkan pasangan.Tapi syukur allhamdulillah anak soleh selalu di berikan kemudahan oleh Tuhan.Dengan perjuangan tanpa lelah tiga tempat proyek baru sudah terisi pekerja semua.Amiiin.

Peningkatan upah harian pekerja proyek saat ini lumayan tinggi,apa bila di bandingkan dengan 2 tahun sebelumnya.Pada tahun 2014 upah tukang paling tinggi sekitar 100.000 per-hari,Untuk kenek 80.000 per-hari.Jam kerja di mulai dari pukul 8.00 pagi sampai dengan pukul 5.00 sore.Jatah istirahat siang pukul 12.00 sampai dengan pukul 1.00.

Seiring meningkatnya kebutuhan pokok serta harga matrial proyek,meningkat pula harga upah pekerja proyek.Entah siapa yang memulai menaikkan upah tersebut,Ini seperti hukum alam.Saya masih ingat betul pertama kali di jakarta tahun 1997 upah pekerja proyek masih sekitar 5.000 perhari untuk kenek dan 7.000 untuk tukang.Hemm jadi apakah sebenarnya ada patokan dasar dari pemerintah mengenai hal ini.Itu yang selama ini masih menjadi pertanyaan bagi saya.Tapi sudahlah kita ikuti saja harga pasar.

Untuk tahun 2016 ini upah pekerja proyek bervariasai.Kenek 100.000 per-hari,tukang biasa 130,000 per-hari,tukang serba bisa 140,000 per-hari.Untuk mandor 150,000 per-hari.Agar pekerjaan bangunan anda bisa berjalan dengan baik dan tidak repot mencari tukang,cari saja satu mandor yang bagus.Panggil kelokasi pekerjaan untuk diskusi apa saja rencana anda yang mau di bangun.Setelah si mandor melihat tempat yang mau di kerjakan biasanya nanti ngasih masukan berapa tukang  dan kenek yang di ajak dan berapa lama waktunya untuk menyelesaikan proyek tersebut.Tapi dari pengalaman saya untuk cari mandor+teamnya yang mau kerja harian sangat susah.Karena biasanya kalau sudah posisi jadi mandor mereka lebih memilih dengan sistem upah borong tenaga.

Sebelum anda memutuskan dengan menggunakan sistem borong ada baiknya minta dulu kepada mandor dengan gambaran berapa lama pekerjaan dan berapa pekerja yang bakal mengerjakan.Jadi nanti anda bisa mendapat gambaran total upah yang harus di keluarkan serta bisa membandingkan kalau menggunakan sistem borongan.

Perbedaan menggunakan sistem upah harian dan upah borongan:

** Upah Harian**
Anda harus banyak waktu untuk ikut mengawasi,kecuali mandornya benar2 bisa di percaya

Kalau pada saat musim hujan,pekerjaan exterior tidak bisa di kerjakan,berarti anda harus membayar tukang cuma2.

Kalau kita tidak ada wawasan di proyek,tukang bisa mempermainkan target pekerjaan.

Total upah pekerja sampai pekerjaan proyek selesai bisa membengkak dari perkiraan kita.

** Upah Borongan**
Total biaya upah tenaga pekerjaan proyek sampai selesai sudah pasti,karena kita sudah dapat hitungan awal dari penawaran harga mandor.

Pada saat musim hujan apabila tukang tidak bisa bekerja, tidak berpengaruh dengan biaya upah tukang.Karena resiko tersebut sudah di bebankan kepada mandor.

Apabila anda termasuk orang yang sibuk,cukup mengontrol lewat jarak jauh dengan berkomonikasi pada mandornya dan sempatkan seminggu sekali datang kelokasi untuk mengecek kerapihan pekerjaannya.

Pekerjaan biasanya akan lebih cepat selesai dari perkiraan kita,si mandor tidak mau rugi kalau pekerjaan tersebut molor.Karena mandor biasanya menjaga nilai borongan yang sudah di sepakati agar dia tidak nombok atau rugi.



***Semoga bermanfaat***

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔